Membuka Banyak Email dalam Satu Akun Email

Sebelum membuat postingan ini saya agak bingung dalam membuat judul, kira-kira judul apa ya yang tepat :). Ah terserah aja ah apa judulnya, yang penting pembaca nanti tau maksudnya. Ok langsung saja masuk ke intermezzo dulu.  
Di jaman yang serba digital ini, email bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, apalagi bagi kalangan IT, mungkin email sudah jadi suatu kebutuhan primer. :)
Terkadang banyak orang yang tidak hanya memiliki satu akun email, melainkan banyak email. Jadi tiap email mempunyai kegunaan masing-masing, mungkin ada yang dikhususkan untuk keperluan bisnis, keperluan kuliah, keperluan hiburan, keperluan mencari informasi lowongan dan juga keperluan pengetahuan seperti mailist. Nah permasalahannya apakah kita akan selalu membuka satu persatu email yang kita miliki sekedar untuk mengecek apakah ada email yang masuk apa tidak, nah kalau kita punya banyak email pasti akan repot sekali.
Nah disinilah fungsi forwarding yang ada pada email dapat kita manfaatkan, artinya kita dapat mengirimkan semua email yang masuk pada semua akun email yang kita miliki ke satu email saja, jadi akan lebih praktis.
Gambarannya begini, anggaplah kita punya 5 buah email, yaitu A, B, C, D dan E , jadi kita buat lagi satu buah akun email yang kita beri nama email F. Nah semua email A, B, C, D dan E akan diteruskan ke email F secara otomatis melalui forwarding, jadi kita cukup membuka email F saja untuk dapat mengecek isi dari email A, B, C, D dan E. Cukup simpel kan..,

Oke langsung saja kita mulai, anggaplah disini email yang akan kita pindahkan yaitu email A (senotkj@gmail.com) akan dipindahkan ke email F (seno@seno.web.id) , maka langkahnya adalah sebagai berikut :
  • bukalah 2 buah browser, kemudian bukalah email A dan juga email F (kalau belum punya email F ya register dulu) :)
  • Setelah itu pada email A, masuklah ke menu Setelan, kemudian pilihlah sub menu Penerusan dan POP/IMAP. Kemudian pada kolom alamat email penerusan baru, isikan alamat email yang akan dituju (email F) kemudian klik tambah.
  • Setelah itu akan ada konfirmasi, pilih 'kirim petunjuk verifikasi'
  • Kemudian bukalah email F, maka akan mendapat sebuah email verifikasi dari google, bukalah email tersebut kemudian temukan kode konfirmasi di dalamnya, copy kode tersebut kemudian masuklah ke email A dan paste kan kode tersebut di kolom kode konfirmasi kemudian klik Verifikasi.
  • Done.., email sudah berhasil di setting. silahkan lakukan ujicoba dengan mengirim email ke alamat A, dan kemudian cobalah buka email F, apakah email yang dikirim ke alamat A sudah bisa masuk ke email F. Apabila sudah masuk tandanya berhasil...
  • Silahkan untuk email B, C, D, E dan seterusnya caranya sama seperti diatas.., lets try it. :)
Semoga bermanfaat... :)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment