Seminar Bareng Kang Onno W Purbo




Sabtu dini hari sudah mendapat SMS dari panitia Seminar bahwasanya diharapkan hadir jam 6 pagi guna untuk melakukan briefing. Tapi apa daya mata masih ngantuk  , dan akhirnya berangkat dari kostan jam 8 kurang 10 menit. 


Perjalanan kurang lebih 10 menit, serta saya harus menjemput kawan saya. Sampai di Amikom kurang lebih tepat jam 8. Sampai di depan pintu masuk ruang citra, tampak antrian agak panjang menuju ke meja panitia saat akan memasuki ruangan tempat diadakannya seminar. Ternyata panitia sedang membagikan beberapa bahan untuk Seminar dan tidak ketinggalan juga ada snack nya.


Setelah sampai di pintu masuk, tampak di dalam ruangan sudah ada banyak peserta yang mengisi kursi duduk, lebih dari separuh ruangan sudah terisi. Saya dan teman saya akhirnya duduk di kursi barisan tengah, dan saat itu juga sedang diputarkan video tentang Pak Onno yang sedang berdiskusi dengan seseorang bule (orang luar) dengan bahasa inggris  . saya cuman bisa bengong sambil ngeliatin aja.. 


Kira2 pukul 8.15 acara dimulai. Acara pertama diisi oleh mas Adi Nugroho dari muslim hackers. Temanya adalah tentang membuat jaringan di Router, membuat proteksi WEP kemudian juga membobolnya proteksi itu sendiri. OS yang digunakan adalah backtrack R2, dan menggunakan aplikasi airocrack, airodumb, aireplay dll.


Setelah Mas Adi selesai, giliran Pak Mada memberikan materi mengenai Digital Forensik. Materinya cukup menarik, yaitu membobol windows lewat linux. hasilnya windows pun berhasil dijebol dengan memanfaatkan celah keamanannya dan sedikin teknik fuzzing. 


Tak lama berselang, Pak Onno datang dengan membawa berbagai perlengkapan perangnya..  dan langsung duduk di sebelah Mas Adi. Pak Onno sendiri memberikan materi tentang keamanan jaringan menggunakan snort. Sampai pukul 13.30 acara baru selesai. dan saya menyempatkan diri untuk berfoto bersama beliau 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment