Migrasi Email dari Gmail ke Gmail dengan Imapsync

Iseng pingin nulis artikel mengenai migrasi email dari gmail ke gmail. loh kok bisa migrasi dari dan ke gmail :) , ya mungkin saja ada yang sudah bosan dengan email gmail yang lama dan ingin membuat gmail yang baru, setelah itu ingin isi dari gmail yang lama dipindah seluruhnya ke gmail yang baru kan bisa saja :)

Baiklah disini saya akan langsung praktek memindahkan isi email gmail dengan alamat dataseno[at]gmail.com ke alamat kabehemail[at]gmail.com dengan bantuan imapsync. Untuk yang belum mengerti cara menginstal imapsync mungkin bisa baca-baca dulu di artikel sebelumnya : Install imapsync di ubuntu.

Ok kita mulai saja ya.., langkah pertama adalah login dulu di email pertama, kemudian masuk ke setting dan pastikan layanan IMAP nya sudah diaktifkan., begitupun dengan email yang kedua harus diaktifkan juga IMAP nya.

Setelah semua OK, kita langsung masuk ke terminal, dan masuk ke directory imapsync

kemudian jalankan perintah :

imapsync --host1 imap.gmail.com --user1 dataseno@gmail.com --password1 p@sswordku1 --host2 imap.gmail.com --user2 kabehemail@gmail.com --password2 p@sswordku2 --syncinternaldates --ssl1 -ssl2 --noauthmd5 --split1 100 --split2 100 --exclude All Mail --useheader 'Message-Id'
 kuncinya ada pada yang di bold :)

Hasil skrinsut nya 








Demikian semoga bermanfaat :)

sumber
Previous
Next Post »
Thanks for your comment