Membuat NameServer (NS) untuk WHM cPanel di Godaddy


Bagi para pengguna jasa hosting dan domain, kita tentu tidak asing dengan yang namanya nameserver / NS. Setiap hosting pasti memiliki NS untuk tujuan pointing dari domain, cuman kalau kita membeli hosting dan domain sudah satu paket biasanya tidak akan banyak berurusan dengan NS ini, karena sudah 1 paket dan di settingkan oleh pihak penyedia baik secara manual maupun otomatis, namun  jika kita membeli hosting di tempat A, sedangkan domain di tempat B, maka untuk menghubungkan antara domain dan hosting ini pasti kita membutuhkan NS, seperti contoh misalnya saya membeli hosting di hostgator.com sedangkan domain nya di idwebhost.com , maka saya perlu memasukkan NS dari hostgator pada domain yang saya beli dari idwebhost, jadi kita harus masuk ke account panel nya domain kita di idwebhost, kemudian pada opsi Name Server (NS) , kita masukkan 2 buah NS hostgator, yaitu NS1.HOSTGATOR.COM dan NS2.HOSTGATOR.COM. 
Semoga tidak pada bingung dengan uraian diatas :)
Lantas, bagaimanakan bagaimanakan kita membuat sebuah NS1 dan NS2 pada WHM / cPanel yang telah kita install di server vps kita...? ( baca : install WHM cPanel di VPS Centos) 

Misal : NS1.DOMAINKITA.COM & NS2.DOMAINKITA.COM...??
Baiklah kita mulai saja sekarang, 
Langkah untuk membuat Name Server pada hosting :
Beruntunglah saya punya banyak teman yang baik hati, Alhamdulillah ada teman yang mau meminjamkan domainnya untuk yang saya gunakan sebagai percobaan [ Makasih kepada agan Ferry Yassalam :) ]. domain yang saya pakai untuk membuat nameserver berada di godaddy.com registernya, untuk yang register di penyedia lainnya silahkan di sesuaikan. 

Langkah pertama silahkan login ke account godaddy :
Kemudian pilih domain yang akan digunakan, kemudian klik Launch
Setelah itu, pada opsi hostname kita klik manage
Tambahkan NS1 pada Hostname, dan Pada Address isi dengan IP VPS anda
Begitupun dengan NS2, sehingga hasilnya akan menjadi seperti 
Klik Save, 
Tunggu kurang lebih 1 - 48 Jam untuk proses propagasi, apabila propagasi sudah berhasil maka dapat di ketahui dengan melakukan ping ke alamat NS tersebut, kalau di tempat saya berarti :
ping ns1.bungsu.us
ping ns2.bungsu.us 

Jika reply address sudah sesuai dengan alamat IP VPS, berarti anda sudah berhasil membuat Name Server.

Langkah selanjutnya adalah menyetting agar WHM di VPS bisa terkoneksi dengan name server diatas, InsyaAllah akan hadir di postingan berikutnya :)

Semoga bermanfaat

Best Regard
Seno
Previous
Next Post »
Thanks for your comment