Review VPS Server dan apa saja yang bisa dilakukan di dalamnya

image taken from : http://www.uk2.net/blog/vps-cloud-vs-traditional/

Memiliki server VPS sendiri memang mengasyikkan, kita jadi bisa mengeksplorasi pengetahuan tentang server, menggali dan terus menggali apa yang bisa dilakukan pada server vps.
Sekedar intermezzo saja, awalnya tertarik memiliki VPS sendiri karena ingin menginstal dropbear untuk ssh, pastinya sudah pada tahu kan fungsi ssh ini untuk apa :p
Tapi setelah mengetahui bahwa ssh / tunneling ini sebenarnya ilegal (karena merugikan pihak provider), saya berhenti menggunakannya dan beralih mencari hiburan lainnya dari vps ini :). Bahkan menurut sumber yang pernah saya baca (kalau ngga salah dari mod berwin kaskus) , di negara Singapura para pelaku ssh tunneling ini bisa dijerat pidana hukum. Wah ngeri juga yaa :)
Pertama kali berniat membeli vps, sebenarnya sama sekali buta tentang dunia server seperti ini, cari-cari informasi mengenai vps yang terjangkau dan dengan kualitas yang baik, akhirnya saya tersesat di website lowendbox.com , disana adalah tempatnya para penyedia jasa vps berkumpul, promosi dan membagikan discount nya :) , akhirnya berdasarkan review dari pengunjung yang sudah menggunakan, saya memilih menggunakan vps dari ramnode.com , untuk paket yang paling murah, kalau tidak salah dengan hardisk 50GB, ram 128MB, processor 1 core dan bandwith 500GB sebulan. Overall pelayanan yang saya terima selama saya menggunakan dari bulan september 2013 sampai sekarang cukup memuaskan, dengan harga sekitar $16 pertahun. Untuk pembayarannya melalui paypal, terima kasih kepada sahabat saya Ibnu Malik Al-Pacitany yang sudah berkenan meminjami saldo paypal untuk pembayaran. :)
Kembali ke tema, untuk hal yang telah saya lakukan di vps ini antara lain :
4. Install Webmin dan Cacti
5. Install WHM dan menjadikannya Server Hosting dengan Cpanel

Demikian beberapa hal yang pernah saya lakukan di vps ini, untuk yang point 4 belum sempat saya dokumentasikan, sedangkan untuk yang point 5 insyaAllah akan saya dokumentasikan di postingan berikutnya

Semoga bermanfaat

Best regard
Seno
Previous
Next Post »
Thanks for your comment