Tips Mengatasi Browser Error karena baterai CMOS Lemah di Linux Ubuntu


Pernahkah anda mengalami kejadian jam dan tanggal di komputer anda berubah-ubah sendiri, biasanya berubah ke tahun lampau. Penyebab hal tersebut adalah karena baterai CMOS di komputer / laptop sudah lemah atau habis. Kejadian seperti ini akan berdampak pada browser saat kita membuka situs yang menggunakan SSL (https) semisal google dan facebook, akan muncul error seperti gambar diatas. Untuk mengatasi error tersebut kita cukup mengubah settingan tanggal dan waktu secara manual ke settingan saat ini, akan tetapi sewaktu komputer di matikan, saat dinyalakan kembali maka akan berubah lagi waktu nya sehingga kita harus membenarkan lagi, begitu seterusnya, dan akan sangat merepotkan.


Solusi terbaik adalah kita mengganti batery CMOS pada komputer / laptop kita, dan permasalahan akan selesai. Tetapi kalau kita belum sempat untuk mengganti , saya memiliki cara alternatif (baca : cara goblokan) agar settingan jam di komputer sesuai dan tidak berubah lagi, caranya adalah dengan menggunakan opsi Network Time pada menu Date & Time di linux ubuntu. Apabila kita menggunakan fitur ini maka jam dan tanggal akan otomatis sama dengan waktu saat ini sesuai regional masing-masing dengan syarat komputer terkoneksi dengan internet tentunya. :)

Caranya adalah masuk ke menu Date & Time di Linux Ubuntu , kemudian aktifkan opsi Network Time, seperti pada gambar di bawah ini.
Masuk menu Date & Time


Tanggalnya masih kacau 1 Januari 2001, menu network time belum di aktifkan.


Aktifkan menu network time,

Tanggal akan otomatis berubah jika kita terkoneksi dengan internet.

Refresh halaman, dan google pun sudah bisa di buka.


Semoga bermanfaat :)



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
25 November 2014 08.13 ×

pertamax lagi?? :D

Selamat cindelaras dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment