Mengubah Blogspot ke Domain .Com .Net .Org (TLD Domain)


Berikut adalah tutorial penjelas dari postingan sebelumnya Cara Ubah Blogspot ke Domain Web.id , dimana dalam tutorial tersebut menurut saya masih kurang lengkap dan perlu diperjelas agar pembaca bisa lebih memahami tanpa merasa kebingungan. 
Dalam tutorial domain yang digunakan sebagai contoh adalah web.id , tetapi pada dasarnya dapat di terapkan dan digunakan pada semua jenis TLD Domain (Top Level Domain) seperti .com - .net - .org - .info - .co - .co.id - .id - .us - dan sebagainya.
Langsung saja kita mulai pembahasan cara mengubah blogspot menjadi domain TLD.

Langkah-langkah mengubah blogspot menjadi tld domain pada tutorial kali ini secara garis besar akan dibagi menjadi beberapa bagian. 
1. Mendaftar di dns.he.net (penyedia DNS Publik gratis)
2. Melakukan pengaturan Nameserver pada Domain
3. Melakukan pengaturan pada dns.he.net
4. Melakukan pengaturan pada akun blogspot (blogger) 

Tentunya diharapkan anda sudah membeli domain dan domain tersebut sudah aktif. 

Baiklah langsung saja kita mulai, dari yang pertama.

1. Mendaftar di dns.he.net 
  • Masuk ke http://dns.he.net , kemudian pilih register , dan isikan data yang diperlukan serta masukkan alamat email anda. Nantinya user dan password untuk login akan dikirim melalui alamat email tersebut. Setelah semua terisi, Centang pada  i have read .... , kemudian klik Register.
  • Tunggu beberapa saat , kemudian silahkan cek email anda. Cek juga pada folder SPAM barangkali masuk ke sana emailnya, anda akan mendapatkan email dari Hurricane Electric, kemudian buka email tersebut, anda akan mendapatkan user dan password untuk login di dns.he.net
  • Masuk ke http://dns.he.net dan lakukan login dengan user dan password yang anda dapatkan via email.
  • Pastikan anda sudah berhasil masuk ke menu utama DNS.he,net seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu kita beranjak ke bagian ke 2, 

2. Melakukan pengaturan Nameserver pada Domain

Untuk melakukan pengaturan nameserver pada domain, anda harus login ke account tempat anda mendaftarkan domain, atau anda bisa menanyakan kepada pihak penyedia domain apabila anda mengalami kesulitan. Setelah anda berhasil login silahkan masuk ke menu Nameserver, kemudian lakukan pengaturan pada Nameserver . Isikan name server tersebut dengan 4 buah alamat yaitu: 
  1. ns2.he.net
  2. ns3.he.net
  3. ns4.he.net
  4. ns5.he.net
Seperti contoh pada gambar berikut ,
Kemudian jangan lupa untuk menyimpan perubahan tersebut. Apabila anda masih kesulitan , anda bisa menghubungi Administrator ataupun Customer Service tempat anda mendaftar domain, kemudian minta tolong untuk dirubahkan Nameserver atau NS ke 4 alamat diatas. 
Setelah itu tunggu beberapa saat, untuk proses propagasi. Biasanya setiap domain tidak selalu sama proses propagasinya, ada yang membutuhkan waktu hanya 1 menit langsung berhasil, ada pula yang butuh waktu sampai 48 jam baru berhasil propagasi ke Nameserver baru tersebut. 

Untuk mengecek proses propagasi apakah sudah berhasil atau belum , silahkan masuk ke http://whois.com , kemudian masukkan nama domain anda ,
lihatlah pada hasil yang keluar, apabila pada Name Server sudah terdapat alamat ns2.he.net dst, maka proses propagasi domain telah berhasil. Apabila belum ada maka proses propagasi belum berhasil, tunggu sampai muncul seperti dibawah ini untuk bisa melanjutkan ke proses berikutnya, apabila sudah melewati 24 jam belum juga berhasil propagate, saya sarankan untuk menghubungi pihak provider domain agar dibantu dalam pengaturan name server


Setelah DNS berhasil propagasi, kita lanjutkan ke langkah berikutnya (langkah ke 3)

3. Melakukan pengaturan pada dns.he.net

Silahkan anda buka kembali halaman http://dns.he.net yang tadi kita telah login pada step 1. Kemudian kita akan membuat domain record , baiklah mari kita ikuti langkah berikut ini.
  • Kita klik Add a new domain pada menu Zone Funcions di menu sebelah kiri, dan masukkan nama domain anda kemudian klik Add Domain !
  • Setelah itu kita klik pada edit zone domain yang baru kita buat .
  • Kemudian kita hapus record ns1.he.net  dengan cara klik tombol delete di sebelah kanan, kemudian ketikkan DELETE di kotak pop up, dan klik OK. 

  • Langkah berikutnya, kita bikin A Record sebanyak 4 buah dengan alamat IP 216.239.32.21 , 216.239.34.21 , 216.239.36.21 , 216.239.38.21 , dan TTL 4 hours, caranya adalah dengan mengeklik New A .
  • Kemudian masukkan satu persatu sebanyak 4 kali seperti pada gambar di bawah ini.



  • Setelah keempatnya selesai, selanjutnya kita pilih pada New CNAME dan masukkan seperti pada gambar dibawah ini 

  • Setelah selesai, maka akan terlihat hasil A record dan Cname Record yang tadi sudah kita masukkan akan seperti gambar dibawah ini 
  • Setelah melewati langkah ini, kita masuk pada langkah keempat yang merupakan langkah terakhir.

4. Melakukan pengaturan pada akun blogspot (blogger)

Silahkan buka akun blogger anda, kemudian masuk ke Menu Setelan / Setting , kemudian Dasar. Kemudian klik pada  + Siapkan URL Pihak ke 3 untuk blog anda. 
Kemudian masukkan alamat domain anda dengan menggunakan www di depannya (misal www.seno.web.id) , kemudian klik Simpan. 


Maka akan muncul error seperti pada gambar di bawah ini.
Pada gambar diatas, perhatikan pada kode yang saya lingkari dengan warna biru dan warna merah.

Kita masuk lagi ke menu http://dns.he.net yang tadi, kemudian kita bikin lagi record CNAME sama seperti tadi caranya yaitu klik menu New CNAME. kemudian copy dan masukkan kode pada blogger anda yang tadi saya tandai dengan dilingkari warna Biru kedalam Name , dan masukkan kode yang saya lingkari warna Merah ke dalam Hostname seperti pada gambar berikut , berikan TTL 4 hours. kemudian klik submit.
Tunggu beberapa saat, kemudian masuk kembali pada blogger anda. dan klik Simpan. Jika berhasil maka alamat domain tld anda akan masuk dan terhubung ke dalam blogger, jika masih muncul pesan error berarti settingan belum berhasil, kemungkinan domain belum selesai propagasi, tunggu beberapa saat lagi kemudian klik Simpan lagi.
Jika sudah berhasil maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini . 
Kemudian langkah terakhir, agar domain bisa di akses dengan alamat misalnya, domainanda.com dan  juga www.domainanda.com  , maka pada gambar di atas kita pilih Edit.  Kemudian Centang pada Opsi Alihkan domainanda.com ke www.domainanda.com, dan klik simpan. seperti pada contoh gambar dibawah ini


Selesai. 

Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba,

Seno :)

iklan : Artikel selesai, jika ada yang ingin melakukan setting seperti diatas dan tidak ingin repot dengan cara diatas bisa kami bantu silahkan email saja ke alamat seno@seno.web.id untuk lebih jelasnya. :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment