Install Proxmox / Linux pada Server IBM X3300 M4


Beberapa waktu yang lalu kami kedatangan sebuah mainan baru yaitu sebuah server IBM X3300 M4, maka kami putuskan untuk menginstal proxmox untuk dijadikan virtual server agar lebih mudah dalam memanajemen server di dalamnya. 
Proses instalasi Proxmox berjalan normal seperti biasa sampai akhir, akan tetapi pada saat booting muncul error Boot Failed Proxmox. Akhirnya saya dan andrianext mencari solusi di internet dan kami menyampaikan permasalahan ini ke Mailist Forum Excellent, akhirnya ditanggapi oleh Mas Vavai , saran dari Mas Vavai agar dilakukan re-configure ulang pada RAID menggunakan Server Guide, dan kemudian untuk mengaktifkan menu Legacy pada boot nya. Saran tersebut kami coba , dan akhirnya proxmox dapat dengan lancer diinstall pada server ibm x3300 m4. :-)

Berikut sedikit gambaran .
Setelah selesai instalasi proxmox, booting ke hardisik muncul error.
Kemudian Booting lah dengan menggunakan CD Server Guide, kemudian lakukan Re-Configure pada RAID.

Setelah konfigurasi selesai pilih Exit, kemudian masuk ke BIOS untuk melakukan konfigurasi pada Legacy Only. Pada BIOS masuk ke Boot Manager -->Boot Modes.
Kemudian pada System Boot Mode pilih Legacy Only 
Langkah terakhir kembali ke menu utama dan pilih Save Setting, kemudian Exit Setup.

Setelah selesai coba booting kembali , seharusnya sudah bisa boot ke proxmox yang tadi sudah kita install, kalau masih belum bisa boot ke proxmox maka coba lakukan instalasi proxmox kembali.
Jika sudah berhasil masuk ke proxmox, ketika restart pun akan langsung kembali masuk ke proxmox secara otomatis, tidak error seperti di awal tadi.

Demikian sedikit pengalaman, semoga bermanfaat :-)




Previous
Next Post »
Thanks for your comment