Cara mudah membuat ebook epub


Jika kita sering membaca ebooks di gadget smartphone android, iphone, tablet maupun ipad, entah membaca tutorial maupun novel atau yang lainnya, format dokumen yang umum digunakan oleh ebook biasanya adalah .pdf , namun sekarang semakin berkembangnya teknologi, kini tren ebook perlahan berubah  menjadi format .epub . 
Tidak bisa kita pungkiri kelebihan format epub dibandingkan pdf, terutama dalam kemudahan dalam membaca dan responsivitas di layar smartphone, menjadikan format epub kini banyak digunakan oleh pembuat ebook yang ditujukan untuk para pembaca pada smartphone.
Untuk perbandingan sederhananya, jika menggunakan format pdf kita masih perlu untuk melakukan zoom in pada layar saat membaca, itupun apabila page layout nya memungkinkan untuk di zoom, apabila ternyata ebook pdf tersebut memiliki margin dokumen sangat mepet sekali, maka tidak pas jika dilakukan zoom in, kita harus menggeser ke kanan dan ke kiri apabila ingin melakukan zoom in agar tulisan lebih besar,sedangkan apabila ingin semua tulisan tampak full di layar maka dampaknya adalah tulisan akan menjadi kecil-kecil jika dibaca di layar smartphone.
Lantas bagaimana jika menggunakan epub? Jika menggunakan epub maka tulisan akan tampak besar dan responsive, tinggal kita geser langsung akan pindah ke halamat berikutnya. Untuk lebih jelasnya bagi anda yang menggunakan android maka anda bisa mencoba mendownload books di google play books atau jika tidak ada yang free bisa mencoba sample trial books yang berbayar, rata-rata disana sudah menggunakan format epub untuk ebook nya, untuk pengguna ipad silahkan nanti download sample hasil epub buatan saya di akhir artikel. :) 
Kita lanjutkan, kemudian aplikasi apa yang digunakan untuk membuka file epub baik di android maupun ipad. Jika di ipad saya menggunakan iBooks untuk membukanya, sedangkan jika di android saya lebih suka menggunakan google play books untuk membuka file epub, caranya adalah dengan mengupload terlebih dahulu file ebook epub nya kemudian baru bisa di buka dari smartphone android. Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membuka file epub adalah Moon Reader dan FBReader.
Baik sekarang masuk ke pembahasan inti, bagaimana membuat file epub dengan mudah. Untuk cara yang sedikit tidak mudah mungkin anda bisa menggunakan aplikasi calibre atau sigil untuk membuat epub (silahkan dicari tutorialnya di google) , namun saya lebih memilih cara yang simple untuk membuat epub dan bisa dibilang tanpa menggunakan aplikasi apapun :)
Caranya adalah dengan menggunakan bantuan google docs. Masuklah ke google docs (pastikan anda sudah login di akun google), kemudian pada  start a new document pilih saja Blank, setelah itu paste-kan tulisan yang akan di buat menjadi .epub. 
Atur font nya sesuai keinginan anda, saya menggunakan font calibri dan ukuran font 14. 
Setelah selesai langkah terakhir adalah , pilih menu File kemudian pilih Download As dan pilih pada EPUB Publication (.pub).



Silahkan coba dibuka file epub hasil buatan anda dengan epub reader kesukaan anda masing-masing.
contoh hasil epub buatan saya bisa di download di sini : Abdurrahman bin Auf

Kekurangan dengan cara ini adalah tidak adanya cover pada epub, untuk menambahkan cover pada epub anda bisa menggunakan aplikasi calibre.

Semoga bermanfaat,

Seno :)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment