Menambahkan domain baru di Zimbra Mail Server


Berikut ini sedikit catatan tentang menambahakan domain baru pada Zimbra Mail Server. 
Contoh kasus, misalnya kita sudah mempunyai mail server zimbra dengan domain seno.web.id dan alamat login di mail.seno.web.id, kemudian kita mempunyai domain baru misalnya senoadjie.com, dan ingin menambahkan domain tersebut ke mail server zimbra, maka berikut tutorial singkatnya.
Pertama  : setelah membeli domain, masuklah ke DNS Zone Editor CPanel ,kemudian buatlah subdomain ( dengan A record ) dan arahkan ke IP server email (alamat IP mail.seno.web.id).
Misalnya kita buat subdomain mail.senoadjie.com , kemudian arahkan ke alamat IP email server zimbra, kemudian coba lakukan test dengan membuka subdomain tersebut apakah sudah muncul halaman login email server. Jika sudah muncul maka lanjutkan ke langkah berikutnya.
Kedua : Buatlah MX Record dan arahkan ke alamat mail.senoadjie.com dengan priority 10. Jika sebelumnya sudah ada MX Record maka hapus dahulu record lama.
Ketiga : Masuk ke Administrator Zimbra, masuk ke Configure --> Domains, kemudian klik pada gambar gear di kanan atas, pilih New.
Pada opsi Domain Name, masukkan : senoadjie.com ,  untuk opsi lainnya biarkan kosong saja. Kemudian pilih Next.
Pada opsi Mail Server, pilih mail server kita (dalam kasus ini berarti mail.seno.web.id) , kemudian klik Finish. Pastikan domain senoadjie.com sudah terdaftar dan masuk di list Domains.
Keempat : Menambahkan DKIM Record. login ke console server zimbra (dengan ssh) , kemudian masuklah dengan user zimbra : su - zimbra
Setelah itu ketikkan perintah berikut ini  :
/opt/zimbra/libexec/zmdkimkeyutil -a -d senoadjie.com -s senoadjie
(disesuaikan yang bold dengan domain anda)
maka akan muncul kode generate yang dihasilkan, maka masukkan kedalam RECORD TXT di menu Advance DNS Editor CPanel domain hasil kode generate yang keluar.
Type : TXT
Name : senoadjie._domainkey (disesuaikan dari kode generate yang didapat)
TTL : 14400
TXT Data : v=DKIM1; k=rsa; p=MIGfMA0GCSjHj08bn7rInjrR7Cr6T8RojBmVPSVPe31brLwWlnUEYbz9NNO1lWzuoFQXo1bet59Igeif651JhexohSRfFDzmYQIDAQAB (disesuaikan dari kode hasil generate tadi)
yang perlu diperhatikan adalah, kode hasil generate TXT Data ini susunannya masih kurang rapi, ada yang ke enter ke bawah, jadi yang harus dilakukan adalah copy kode tersebut ke text editor (gedit) kemudian sesuaikan dengan contoh format diatas. 
atau untuk lebih meyakinkan bisa check format dkim tadi disini  http://dkimcore.org/tools/keycheck.html
Kelima : Masukkan SPF Record ke DNS. Formatnya adalah sebagai berikut :
Type : TXT
Name : (kosongkan saja) atau isi dengan nama domain (misal : senoadjie.com)
TTL : 14400
TXT Data : v=spf1 a mx include:mail.senoadjie.com ~all (sesuaikan dengan domain anda)

Selesai.

Demikian sedikit tutorial menambahkan domain pada Zimbra, semoga bermanfaat. 
Apabila ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, bisa menghubungi saya di email :  seno(keong)seno.web.id 
*keong = @
semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment