Recovery / Mengembalikan Data Foto hilang di Linux


Berikut cara mengembalikan data yang hilang di linux / Recovery Data yang terhapus di linux. Tutorial berikut lebih spesifik kepada recovery untuk data Gambar / Foto yang terhapus. Tetapi ada juga beberapa file berekstensi .zip, .doc, .mp3 yang juga ikut terecover. Siahkan lihat gambar diatas untuk lebih jelasnya beberapa file yang turut ikut ter recovery.

Beberapa waktu yang lalu saya menghapus beberapa foto yang saya kira sudah tidak akan terpakai di hardisk eksternal untuk memberikan ruang free space di hardisk eksternal yang sudah hampir penuh, dan ternyata foto tersebut dibutuhkan kembali. Maka saya mencoba mencari tutorial untuk mengembalikan data foto tersebut pada linux. 
Setelah beberapa saat browsing, akhirnya menemukan tutorial yang bagus disini : https://www.linux.com/learn/get-your-data-back-linux-based-data-recovery-tools , dan saya mencoba melakukan recover menggunakan tools photorec milik aplikasi testdisk.
Berikut cara penggunaannya :
Pertama install dahulu aplikasi testdisk nya :
sudo apt-get install testdisk
Kemudian jalankan aplikasi photorec :
sudo photorec
Kemudian pilihlah drive mana file yang akan dicari tersebut berada.

Selanjutnya pilih jenis filetype dari drive tersebut (ext3, ext4  atau  FAT32, NTFS)

Selanjutnya pilih folder tempat tujuan recovery file yang ditemukan, setelah itu tekan tombol C

Tunggu sampai selesai, nanti ditempat folder tujuan recovery akan otomatis membuat folder direcory "recup_dir.1",  "recup_dir.2" , dst. Nah file2 yang ditemukan akan masuk ke dalam folder=folder tersebut
silahkan dicari satu persatu , semoga file nya dapat ditemukan.

Berikut file yang berhasil ditemukan



Semoga bermanfaat,

Previous
Next Post »
Thanks for your comment