Cara Mendaftar domain web.id di PANDI

Cara Mendaftar domain web.id di PANDI

Mohon Maaf, Artikel ini sudah expired. Berdasarkan pengumuman dari pihak Pandi, mulai tanggal 19 Oktober 2012 pihak Pandi sudah tidak melayani pendaftaran domain baru, jadi harus mendaftar melalui pihak reseller. Silahkan cari reseller penyedia sesuai selera. :)

Domain web.id merupakan domain lokal yang hanya diperuntukkan buat Orang Indonesia (OI). Jadi kita tidak bisa sembarangan untuk membeli domain .web.id, karena ada lembaga yang khusus menangani masalah domain Indonesia (.id). Nama lembaga itu adalah PANDI . Jadi semua domain yang berakhiran .id di urus oleh PANDI.
Oke kembali ke pokok bahasan utama, jadi untuk membeli domain .web.id kita harus register dulu di PANDI, caranya masuk ke https://register.pandi.or.id , kemudian pilih register, dan seperti biasa kita isikan data yang diminta sampai selesai.
Setelah berhasil register, kemudian kita masuk ke menu fitur pendaftaran domain baru untuk memilih nama domain yang akan kita pakai. Apabila domain yang kita inginkan tersedia (available), kita bisa langsung register dengan mengeklik tombol register. Kemudian lengkapi data sampai selesai.
Setelah itu kita diminta untuk mengupload dokumen ( masuk di menu Document Management) seperti KTP SIM, dll (pilih salah satu saja), dalam hal ini saya mengupload KTP yang sudah di scan dalam format JPG (jangan pake format PDF, server tidak bisa menerima file PDF).
Setelah itu kita diminta untuk membayar (lihat di menu billing and payment), disitu tertulis lengkap besarnya biaya yang harus kita bayarkan ke PANDI dan juga nomor rekening milik PANDI.
Setelah anda membayar, jangan lupa untuk mengkonfirmasi, caranya masuk ke menu billing and paymen, kemudian masuk ke sub menu confirm payment. disitu kita bisa mengkonfirmasi.
Agar lebih cepat lagi, ada baiknya anda juga mengkonfirmasi langsung ke staff PANDI lewat YM.
Demikian sedikit pengalaman yang saya miliki tentang registrasi di PANDI, semoga bermanfaat.
Amin..,