Cara Ubah Blogspot ke Domain Web.id

Cara Ubah Blogspot ke Domain Web.id


Updated....!
Tutorial lengkapnya mengenai Cara Ubah Blogspot ke domain web.id , silahkan masuk di sini : Mengubah blogspot ke Domain TLD (Web.id, Com, Net, Org , Info , Us dll )



Dalam dunia Blogging, siapa yang tidak kenal blogspot. Blogspot atau Blogger.com adalah salah satu situs penyedia blog gratis terbesar di dunia. Apalagi sekarang blogger.com sudah menjadi milik google.

Jika kita membuat blog di blogger[dot]com, maka kita akan mendapat imbuhan nama domain .blogspot.com , nah apabila kita sudah punya domain .web.id , kita juga bisa menggunakan blogger.com sebagai hosting tempat kita menyimpan web, sedangkan domainnya kita pake .web.id yang sudah kita punya, dan tidak pake .blogspot lagi.

Jadi kesimpulannya kita mengubah domain yang tadinya .blogspot.com menjadi .web.id

To the Point saja ya, jika anda belum punya domain .web.id , silahkan baca disini dulu, jika anda sudah punya domain .web.id mari lanjut ke langkah berikutnya.

Berikut tutorial singkatnya :
  1. Kita masuk ke https://www.dnspark.net , dan silahkan buat account dulu disana dan aktivasinya lewat email seperti biasa. :D
  2. Setelah akun anda jadi, silahkan login
  3. Masuklah ke menu Dns Hosting (dikiri atas)
  4. Kemudian Add Domain (lihat gambar 1)
  5. Jika sudah, kemudian klik Dns Hosting lagi, dan pilih domain yang barusan dibuat.
Disini tugas selanjutnya adalah menambahkan record CNAME untuk mengkoneksikan domain web.id kita ke blogspot, caranya lihat baris paling bawah (menu Add Record).
  • Pada opsi Type kita isi CNAME, kemudian opsi Hostname kita isi www , dan di Ip Address kita isi ghs.google.com
  • Klik Update All
  • Lihat Name Server yang kita dapat, letaknya di menu NameServer Record (NS), catat kedua NameServer kita, contoh : fns1.dnspark.net , fns2.dnspark.net
Kemudian langkah selanjutnya kita masuk ke akun PANDI kita, masuklah ke menu Domain Management, kemudian masukkan nameserver yang tadi kita catat diatas.

Langkah selanjutnya kita masuk ke akun blogger kita, kemudian masuk ke Setelan > Penerbitan (Setting > Publish)
Kemudian pilih domain ubah sesuaian > pengaturan tingkat lanjut > kemudian isikan nama domain .web.id anda disitu, kemudian save.
jika muncul tampilan berwarna merah berisi kode kurang lebih berbentuk huruf dan angka acak seperti (contoh) : 7nl3zowxubxx  dan   gv-ro7mwytaldd2qa.dv.googlehosted.com,  janganlah panik, karena sekarang keamanan blogger sudah diperketat sehingga kita diminta untuk memferivikasi kepemilikan domain (web.id) kita, caranya dengan masuk ke dnspark lagi, kemudian pada type kita pilih cname, pada hostname kita isikan kode yang pertama (yg pendek), kemudian pada ip address kita isikan kode yg belakang (yg panjang) , sehingga hasilnya akan seperti pada contoh berikut ini (lihat yg dilengkari merah) :



Jangan lupa untuk mencentang opsi 'redirect domainanda.web.id to www.domainanda.web.id'

Coba buka domain .web.id anda, apakah sekarang sudah bersinkronisasi dengan blogger. ingat bukanya dengan www ya. jadi www.domainanda.web.id,

Jika sudah bisa, Cobalah buka tanpa www, jadi cuman domainanda.web.id, bisa atau tidak.?

Jika belum bisa, anda harus masuk ke dnspark lagi, kemudian masuk ke menu DNS seperti tadi, kemudian tambahkan 4 record lagi yaitu :
Pada opsi record type kita pilih A, untuk hostname kosongkan saja, dan untuk IP address 216.239.32.21 . kemudian update all.
Ulangi langkah tersebut 3x lagi dengan IP :
  1. 216.239.34.21
  2. 216.239.36.21
  3. 216.239.38.21
sehingga hasilnya kurang lebih akan seperti ini :

Setelah selesai, coba buka web anda tanpa www, jadi tinggal namadomain.web.id
Semoga bermanfaat :D

Apabila anda belum jelas, silahkan masuk kesini : Mengubah blogspot ke Domain TLD (Web.id, Com, Net, Org , Info , Us dll )
Semoga artikel tersebut lebih jelas.

iklan : Artikel selesai, jika ada yang ingin melakukan setting seperti diatas dan tidak ingin repot dengan cara diatas bisa kami bantu silahkan email saja ke alamat seno@seno.web.id untuk lebih jelasnya. :)