Langsung ke konten utama

Alternatif Google Apps Menggunakan Webmail Hosting + Akun Gmail



Google Apps  sekarang sudah tidak dibagikan secara gratis lagi, padahal fiturnya begitu lengkap dan merupakan email terbaik saat ini. Interface nya begitu familiar dan kualitas emailnya tak perlu diragukan lagi. Beruntunglah yang mendapatkan google apps secara gratis sebelum tahun 2012, meskipun hanya 10 akun :) .
10 akun tersebut bisa dibuatkan kedalam beberapa domain berbeda (secondary domain), tetapi semenjak 28 Agustus  2015 , fitur add domain untuk google apps free dihapuskan, artinya tidak bisa menambah lagi domain lain untuk akun google apps tersebut. Hanya domain yang sudah pernah ditambahkan / domain utama saja yang bisa digunakan di google apps nya.
Hal ini kemungkinan disebabkan salah satunya karena banyak akun google apps free yang diperjualbelikan secara bebas, jadi dengan menutup menu secondary domain maka tidak akan bisa lagi untuk diperjualbelikan google apps free. 
Tapi masih ada cara lain bagi yang mempunyai akun google apps yang masih tersisa banyak, dan ingin menambahkan domain secondary, caranya adalah dengan menggunakan domain alias. Untuk caranya mungkin nanti menyusul, tapi intinya kita dapat menambahkan domain di googla apps dan untuk kirim email dan terima email juga alamat yang dipakai menggunakan domain baru yang ditambahkan tersebut, cuma perbedaannya saat login kita hanya dapat menggunakan alamat domain utama saja. 
Seperti contoh : misal saya punya google apps dengan domain utama @seno.web.id
Kemudian saya menambahkan secondary (alias) domain dengan alamat domain @dansen.id
kemudian saya membuat sebuah alamat email : care@dansen.id , maka untuk login ke google apps saya harus login dengan alamat care@seno.web.id (tidak bisa login pakai care@dansen.id), karena alamat care@dansen.id hanyalah alias dari alamat care@seno.web.id , tetapi untuk penggunaan lainnya (kirim terima email dll) semua sama seperti google apps biasa, sama seperti  saat menambahkan akun dengan secondary domain sebelum di stop oleh google :)

untuk tutorial lengkapnya silahkan bisa contact email ke seno@seno.web.id, atau tunggu saja kalau ada waktu nanti saya posting.

Ok kembali ke bahasan utama, bagaimana kalau sekarang kita ingin mendapatkan google apps, caranya adalah dengan cara membeli google apps :) , untuk sekarang saat tulisan ini dibuat biaya perbulan sekitar $3 , dan untuk pertahun sekitar $30. 

Namun jika kita ingin mempunyai email dengan alamat personal misal @domainanda.com dan menggunakan interface milik gmail, maka berikut ini adalah sedikit tutorial nya.

Syaratnya adalah anda mempunyai domain dan hosting, kemudian buatlah akun email webmail hosting (silahkan tanya kepada penyedia hostingnya) , setelah email dibuat misal contohnya  saya minta dibuatkan akun email webmail hosting milik sahabat saya , dengan alamat seno@next*rweb.id.

Setelah itu login lah kedalam webmail tersebut dengan user dan password yang dibuat atau diberikan hosting nya. masuk ke alamat : domainanda.com/webmail atau domainanda.com:2095


Setelah login, maka bukalah gmail anda yang akan digunakan sebagai interface nya, misal saya akan login gmail saya dengan alamat s3noadj**@gma*l.com.

Setelah login masuklah ke menu setting/setelan, kemudian pilih tab Akun dan Impor kemudian klik Tambahkan alamat email anda (silahkan disesuaikan sendiri ya kalau pakai bahasa lainnya :D )


Selanjutnya masukkan alamat email webmail tadi, kalau tempat saya adalah seno@nexterw*b.id , kemudian klik langkah selanjutnya.


Selanjutnya masukkan untuk smtp : smtp.domainanda.com , dan masukkan user serta password email , lainnya biarkan sama seperti dibawah ini. kemudian klik tambah akun.


Kemudian akan ada form untuk kode verifikasi, silahkan buka email webmail nya dan cari kode yang dimaksud, setelah itu masukkan kode tersebut ke dalam kolom yang disediakan. dan klik Verifikasi .



Selanjutnya, jika ingin menggunakan email seno@nexterweb.id sebagai email utama (default) pada gmail tersebut untuk mengirim dan menerima, maka klik default pada gambar dibawah ini


Setting email berhasil, silahkan coba mengirim dengan alamat email tersebut.


Setelah email berhasil terkirim, cobalah reply email tersebut. Silahkan di cek di folder inbox gmail pasti tidak akan masuk email balasannya, karena email balasan hanya masuk ke webmail hosting nya. Agar email dapat masuk ke gmail perlu dilakukan beberapa setting forward di webmail hosting nya.

cara settingan forward nya, masuk ke webmail hosting , kemudian klik pada menu kanan atas (sebelah alamat email) kemudian pilih Forwarders


Kemudian klik Add Forwarder di sebelah kiri atas, dan masukkan alamat email gmail anda (jika ditempat saya adalah s3noadj**@gmail.com) kemudian klik Add Forwarder.


Silahkan coba kembali untuk mereply email, maka email akan otomatis masuk ke gmail anda.
Jadi jika ada yang mengirim ke alamat email anda (misal seno@nexterw*b.id) maka akan otomatis masuk ke gmail anda, dan jika anda membalas dengan gmail anda maka akan otomatis juga alamat yang tertulis adalah seno@nexterw*b.id (dalam contoh ini)

Artikel selesai, jika ada yang ingin melakukan setting seperti diatas dan tidak ingin repot dengan cara diatas bisa kami bantu silahkan email saja ke alamat seno@seno.web.id untuk lebih jelasnya.

Semoga bermanfaat, 

seno.web.id 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuka konten halaman web yang telah expired

Pernahkan anda mempunyai web yang telah expired, dan konten di dalamnya juga belum sempat terselamatkan, atau ingin melihat isi dari web yang telah expired masa berlaku domainnya. Berikut ini cara untuk membuka history halaman web yang telah expired.
Masuk ke alamat https://archive.org/web/
Silahkan masukkan alamat web yang diinginkan, kemudian klik Browse History.



Kemudian pilih tanggal pada saat website di capture yang ditandai dengan efek bold seperti dibawah ini.



Maka akan tampil konten website pada tanggal di capture tersebut.

Semoga bermanfaat.,



Aplikasi Untuk Membuka file Epub di Komputer dan Android

Sekarang ini banyak kita jumpai ebook-ebook di internet baik yang gratis maupun yang berbayar, ekstensi ebook pun kian hari kian berkembang, dari jaman dahulu banyak ebook-ebook kecil berekstensi .txt , kemudian untuk yang skala lebih besar lagi berekstensi .rtf, .chm, .hpl dan lain sebagainya. Namun sekarang semakin berkembangnya jaman, ebook semakin canggih juga, ekstensi yang masih sering digunakan ialah pdf, doc, dan yang lebih modern lagi adalah .epub . Kenapa saya katakan modern, karena .epub ini menurut saya ekstensi paling bagus diantara yang lainnya, lebih interaktif, lebih jernih dan lebih nyaman membacanya. Nah untuk mengetahui tentang asal usul epub, bisa langsung mengunjungi halaman berikut ini http://en.wikipedia.org/wiki/EPUB
Disini yang akan saya bahas adalah cara membuka file .epub . Untuk membukanya, : Pada perangkat komputer (os windows maupun linux) , bisa menggunakan aplikasi calibre , silahkan di unduh aplikasinya :)Pada perangkat Android, bisa menggunakan aplikasi moo…

Menambahkan Hardisk pada Proxmox

Untuk menambahkan hardisk baru pada proxmox,langkah pertama adalah pastikan hardisk sudah terpasang di komputer. Selanjutnya masuk ke server proxmox, dan jalankan perintah berikut untuk mengetahui letak hardisk baru tersebut fdisk -l
Akan terlihat letak dari hardisk baru tersebut, ditempat saya terletak pada /dev/sdb root@seno:~# fdisk -l

WARNING: GPT (GUID Partition Table) detected on '/dev/sda'! The util fdisk doesn't support GPT. Use GNU Parted.


Disk /dev/sda: 300.0 GB, 300000000000 bytes
255 heads, 63 sectors/track, 36472 cylinders, total 585937500 sectors
Units = sectors of 1 * 512 = 512 bytes
Sector size (logical/physical): 512 bytes / 512 bytes
I/O size (minimum/optimal): 512 bytes / 512 bytes
Disk identifier: 0x00000000

 Device Boot      Start         End      Blocks   Id  System
/dev/sda1               1   585937499   292968749+  ee  GPT

WARNING: GPT (GUID Partition Table) detected on '/dev/sdb'! The util fdisk doesn't support GPT. Use GNU Parted.

Disk /dev/sdb:…