Langsung ke konten utama

Naik-turun semangat mengelola blog

Bagi para penggiat blog, memiliki beberapa blog dengan tema yang berbeda merupakan suatu tantangan tersendiri. Sebab terkadang mencampuradukkan berbagai tema dalam sebuah blog menjadikan blog tersebut menjadi kurang spesifik dalam niche nya. Misalnya seorang blogger yang berkecimpung di bidang IT dan membuat blog bertema IT, maka jika dalam blog tersebut dimasukkan tulisan tentang diary catatan kehidupan, ataupun tentang resensi buku-buku agama yang dibacanya, maka sedikit terlihat aneh. Untuk itu biasanya mereka akan membuat blog baru untuk menulis tema baru lainnya.

Blog Almuhajirin.web.id
blog almuhajirin.web.id

Begitupula yang pernah saya rasakan, rasanya ingin menulis blog tentang IT, diary dan kutipan nasihat dari buku-buku yang dibaca, akhirnya saya membuat beberapa blog lagi. Untuk blog seno.web.id ini saya isi dengan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan IT, sedangkan untuk diary saya masukkan di sub-domain blog ini (blog.seno.web.id), dan untuk nasihat keagamaan, dahulu saya membuat blog baru dengan alamat di almuhajirin.web.id (lihat gambar foto diatas) 😀.
Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka blog-blog yang saya miliki tersebut semuanya terbengkalai tak tentu arah, selama lebih dari satu tahun tak ada postingan sedikitpun di blog-blog tersebut, sampai akhirnya salah satu blog  saya (almuhajirin.web.id) expired dengan sendirinya tanpa diperpanjang lagi, dan domain blog tersebut kembali ke asalnya lagi (almuhajirins.blogspot.com) 😃.

Maka dari itu, melalui postingan ini saya ingin kembali menyatukan postingan-postingan yang saya tulis di blog-blog tersebut kedalam domain ini, sehingga kedepan lebih bisa fokus dalam menulis lagi. Beberapa hari kedepan saya akan memindahkan beberapa post yang layak ke blog ini, setelah itu selesai semua maka akses ke domain-domain tersebut akan saya hentikan.
Semoga dengan demikian, semangat menulis kembali hadir pada diri saya, semoga bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan juga pembaca semuanya..,

Pekalongan,19 Dzulqo'dah 1441 H ~ 10 Juli 2020

😎
Seno 

Komentar